Tips Online PR / Public Relations

Tugas utama seorang Public Relations adalah untuk membangun dan menjembatani hubungan baik antara perusahaan dengan stakeholders-nya. Caranya yaitu tetap menjaga komunikasi dua arah yang baik, untuk menjalin komunikasi dua arah yang baik setidaknya perusahaan harus memiliki media yang memiliki jangkauan yang cukup luas untuk menjangkau seluruh stakeholders yang sudah ditentukan sebelumnya.

Media yang sekarang ini banyak dipakai oleh perusahaan adalah media massa, termasuk di dalamnya ada media online. Banyak perusahaan yang meng”aktif”kan social media nya untuk melakukan komunikasi dua arah dengan stakeholders. Dengan adanya keaktifan dari perusahaan dalam menjawab keluhan-keluhan stakeholders maka mereka akan merasa puas dan tentunya akan menjadi lebih loyal kedepannya.

Di ikuti dengan perkembangan zaman yang sekarang sudah beralih ke era digital, banyak masyarakat yang mencari berita di media online terlebih dahulu sebelum tahu itu berita yang sesungguhnya atau hanya hoax belaka. Oleh karena itu sebagai seorang PR yang professional harus lah mengunggah berita yang sebenarnya, meskipun buruk setidaknya tanggapan stakeholders akan lebih positif dibandingkan jika terlanjur berkata kebohongan dan akhirnya stakeholders mengetahui yang sebenarnya.